Pengertian:Filter oli genset engine diesel
Filter oli pada genset dengan engine diesel adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyaring kotoran, partikel logam, endapan
karbon, dan kontaminan lain
yang bercampur dengan oli pelumas di dalam mesin.
Filter oli adalah saringan khusus yang dipasang pada sistem pelumasan mesin
genset diesel untuk menjaga kebersihan oli. Oli yang bersih memastikan komponen
mesin seperti piston, crankshaft, camshaft, dan bearing tetap terlumasi dengan
baik sehingga umur mesin lebih panjang.
Baca Juga : Ganti Oli genset diesel dan bensin
Fungsi Utama:
1.
Menyaring kotoran – mencegah
partikel kasar masuk ke jalur oli
2.
Melindungi komponen mesin –
mengurangi gesekan berlebih dan keausan.
3.
Memperpanjang umur oli – karena
kotoran tertahan, oli tetap efektif melumasi.
4.
Menjaga performa mesin – sirkulasi
oli tetap lancar, mesin bekerja optimal.
Jenis Filter Oli pada
Genset Diesel:
·
Full Flow Filter → semua oli
melewati filter sebelum didistribusikan ke mesin.
·
Bypass Filter → digunakan untuk
menangkap partikel yang lebih kecil.
·
Combination Filter → gabungan
keduanya, digunakan pada genset modern.
Dampak jika filter oli tidak diganti:
·
Oli cepat kotor dan kehilangan
kemampuan melumasi.
·
Timbul keausan berlebih pada
komponen mesin.
·
Mesin cepat panas dan performa
turun.
· Bisa menyebabkan kerusakan serius seperti piston macet atau crankshaft aus.
Prinsip kerjanya oli sebagai pelumas :
- Oli dipompa dari bak oli (oil pan).
- Masuk ke filter oli.
- Partikel kotoran tertahan oleh elemen filter (biasanya kertas khusus atau serat).
- Oli bersih dialirkan ke seluruh bagian mesin.
Penggantian oli :
Filter oli harus diganti secara berkala sesuai jam operasi genset (umumnya tiap 250 jam atau 1 tahun ,tergantung merek genset & rekomendasi pabrikan).
Untuk
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi
:
ELECTRICAL
PANELINDO
- Hp / WA : 0813-1826-1117
- E-mail : electricalpanelindo@gmail.com