Home » , » SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE?

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?
Setting avr genset
Pengertian AVR

Voltagelistrik yang tidak stabil akan berdampak buruk pada berbagai perangkat listrik yang ada termasuk pada genset, sehingga AVR sangat diperlukan. Alasan itulah yang membuat AVR di genset wajib diperlukan.

AVR genset berfungsi untuk menjaga keseimbangan atau stabilitas voltasi tegangan listrik dari output genset ketika di beban listrik yang kerap berubah-ubah saat menyuplai listrik ke perangkat listrik.

Apakah AVR genset bisa di perbiki..?

Terutama untuk Avr genset yang bawaan dari merek Generator tersebut,misalnya Avr bawaan generator Stanford,leroysomer,denyo dll.

Avr bawaan generator biasanya sudah secara fisik sudah di BLOK Komponen nya Sehingga sangat sulit untuk memperbaiki terutama kalau ada salah satu komponennya rusak.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa di perbaiki karena Kalau kita lihat di pasaran sekarang ini banyak sekali AVR Kw atau avr duplikat dari merek- merek generataor terkenal.berati bisa di perbaiki Di duplikat aja bisa Masa di perbaiki gak bisa…!!!

Tapi Kalau untuk Avr Rakitan Lokal biasanya bisa di perbaiki Karena secara fisik para perakit AVR local jarang di blok untuk Komponennya sehingga kalau ada salah satu komponen yang rusak bisa dicarikan atau diganti.

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?
Avr Genset
Fungsi AVR Pada genset..!!

Prinsip kerja AVR pada genset yaitu mengatur bagian arus penguatan atau sering disebut dengan istilah excitacy pada bagian exciter.  Jika kondisi tegangan keluaran dari genset berada pada bagian bawah tegangan minimal.

Maka AVR otomatis akan menaikkan besaran tegangan output dari genset sesuai kebutuhan. Dan begitu sebaliknya, jika output tegangan dari genset terlalu tinggi, maka bagian sel volta akan menurunkannya. 

Untuk genset saat ini sudah banyak yang menggunakan avr untuk Regulasi dan kesetabilan Voltage yang di keluarkan dari generator.

Karena Kesetabilan Voltage sangatlah mutlak untuk peralatan-peralatan elektronik seperti kulkas, komputer, televisi atau pun berbagi macam peralatan lainnya

Misalnya kita menggunakan komputer yang pada saat dihidupkan membutuhkan tegangan sebesar 220 volt, namun ternyata output dari genset kurang dari 220 volt maka beberapa komponen di dalam power supply akan mengalami kerusakan,

Dikarenakan overload kekurangan tegangan akan membuat regulator dari power supply cepat mengalami kerusakan. Ketika sebuah genset memiliki AVR, maka kondisi tersebut dapat diminimalisir sehingga komputer Anda dapat berjalan lebih aman.

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?
Pasang AVR genset

Cara Cek AVR Genset Rusak atau tidak

1.Lepas sambungan AVR terhadap exciter, tegangan sensor dan Permanen Magnet Generator (PMG)

2.Sambungkan tegangan 12 V DC dari Aki atau adaptor ke lilitan exciter, lebih baik jika terpasang melewati fuse atau MCB 2 A karena memberikan proteksi jika lilitan dalam keadaan short. 

3. Operasikan diesel engine / Start up sampai putaran idle terlebih dahulu. Amati kondisi apakah ada kondisi yang mencurigakan dari genset tersebut, Perlahan lahan naikkan putaran sampai mencapai putaran nominal.

4. Amati dan ukur tegangan yang keluar dari mains stator,jika perlu cek arus DC yang melewati Exciter.Tegangan yang terukur pada mains stator biasanya sudah mencapai lebih dari 300 V AC.

5. Amati dan ukur juga tegangan yang keluar dari Permanen magnet generator apakah sudah keluar tegangan.Tegangan PMG ini biasanya terukur diatas 100 V antara Phase to Phase.Setelah itu matikan mesin.

6. Jika tegangan sudah terukur dapat di simpulkan bahwa system exsitasi tidak mengalami masalah.

7. Pasang kembali AVR dan koneksi kabel kontrolnya kecuali koneksi ke Exciter.

8. Start up Engine sekali lagi sampai mencapai putaran nominal. Cek tegangan keluaran AVR diterminal Exciter.Tegangan yang harus keluar minimal 12 VDC.

9.Jika tidak mengeluarkan tegangan berarti ada yang rusak dalam system AVR nya.Jika mengeluarkan tegangan maka koneksi lagi dengan Exciter sehingga terdapat penguatan sendiri.

SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?
Avr genset

Penyebab Kerusakan Pada AVR Genset

Bagian AVR genset dipasang sekring atau fuse. Putusnya bagian sekring atau fuse akan membuat output tegangan dan arus dari genset tidak bisa keluar.

Hal tersebut dikarenakan adanya kelebihan beban atau pun overload dari berbagai macam beban yang terpasang pada generator itu sendiri.

Kerusakan AVR genset sering disebabkan karena:

1.Korslet atau arus pendek yang terjadi pada peralatan listrik yang dipasang pada genset atau juga bisa disebabkan oleh keausan pada komponen-komponennya.

Misalnya komponen batu arang yang sudah aus dapat menimbulkan terputusnnya tegangan listrik yang mengalir ke beban serta menimbulkan percikan api di dalam kumparan atau gulungan genset.

2.Penggunaan Beban atau tidak kesetabilan beban /fluktuatif yang di paksakan Atau sering Overload ,Penggunaan beban yang di paksakan maka akan maembuat berat regulasi dari avr tersebut.

3.Tidak Balancenya Beban ,tidak balancenya beban antara R S T nya output generator terutama generator 3 phasa

4.Kena Petir Tersambarnya petir di jaringan juga isa menyebabkan avr rusak,kena petir merupakan kerusakan AVR secara External ini ada hubunganya sama system grounding dan pegaman petir (Surge Protector)  di lokasi genset tersebut.


SERVICE AVR GENSET - APAKAH BISA DI SERVICE ?

Solusi

Secara umum, tiap unit mesin genset biasanya sudah memiliki komponen AVR, apalagi untuk genset dengan kapasitas di atas 10 KVA.

Itulah bagian AVR yang sebaiknya Anda ketahui agar bisa mengoperasikan genset dengan baik dan juga aman. Itulah cara umum untuk mengetaui AVR genset yang rusak.

Apabila ada kerusakan AVR pada genset anda.anda bisa cek sendiri seperti Langkah yang telah kita uraikan diatas.

Dan apabila anda terpaksa tidak bisa cek dan genti avr sendiri kami siap membantu anda untuk mempebaiki system avr genset anda. Jasa  Service genset kami  di tangani oleh tenaga teknisi  yang handal , terlatih dan jujur akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk genset Anda .

Untuk harga jasa service dan spare parts genset kami dapat bersaing dengan competitor yang lain.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi  :

ELECTRICALPANELINDO

Hp / WA : 081318261117

E-mail : electricalpanelindo@gmail.com